Selasa, 06 Agustus 2019

Makanan Khas Kota Pasuruan

Provinsi Jawa Timur memiliki banyak sekali destinasi wisata kuliner yang populer, diantaranya Malang dan Surabaya. Meskipun tidak sepopuler kota lainnya di Jawa Timur, Pasuruan punya beragam makanan khas dengan cirinya sendiri. Untuk kalian yang masih asing dengan makanan khas pasuruan, berikut ini sudah saya siapkan beberapa rekomendasinya.
1. Kupang Kraton
Gambar terkait
Makanan yang satu ini terbuat dari kerang yang dicampur dengan bumbu bawang putih, petis, jeruk nipis, irisan lento dan lontong. Ada juga tambahan sate kerang dan cabe rawit sebagai pelengkap, serta ditutup dengan segelas es degan hijau agar semakin menyegarkan. Kamu bisa menemukan kupang kraton di Pasar Kraton dan sepanjang Jl. Ir Juanda Pasuruan.
2. Botok Tempe
Hasil gambar untuk botok tempe
Makanan khas Pasuruan ini merupakan salah satu yang paling mudah untuk ditemukan. Sesuai dengan namanya, botok tempe menggunakan tempe yang telah dibumbui sebagai bahan dasarnya. Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dan dikukus dengan daun pisang sehingga aromanya lezat. Di Pasuruan, banyak dijual variasi tempe botok seperti botok tempe dengan kerang, teri lamtoro, daun singkong, udang hingga daun sembukan.
3.Soto Gondrong
Hasil gambar untuk soto gondrong pasuruan
Soto gondrong memiliki lokasi yang nyaman karena terletak di sebuah taman kecil, sehingga cocok dinikmati bersama dengan teman dan keluarga. Cita rasa soto gondrong sangat khas, karena terbuat dari rempah-rempah khusus. Untuk menyantapnya, kamu juga bisa memilih lauk tambahan lainnya seperti tempe, telur hingga aneka gorengan. 
4. Lontong Balap Bumbu Kuning
Hasil gambar untuk lontong balap pasuruan
Bagi sebagian orang yag tidak tawar dengan Kupang Sate Kerang bisa menikmati makanan khas lainnya yaitu lontong balap berkuah kuning yang terbuat dari taoge dengan bumbu kunyit , daun jeruk purut, bawang putih. Lebih nikmat dihidangkan dengan irisan lontong , lento dan petis, bagi penikmat rasa pedas bisa ditambahkan beberapa cabe rawit.
5. Nasi Punel

Gambar terkait

Makanan yang satu ini serupa dengan nasi campur dengan beragam lauk pauk di dalamnya.
Masakan ini pun disebut nasi punel karena tekstur nasinya yang setengah lembek. Lauk pauk yang melengkapi nasi punel ini berupa tahu, tempe dan ayam bumbu Bali, sambel kacang panjang (potongan kacang panjang mentah yang dicampur sambel tomat nan pedas), sayur nangka muda, pepes kelapa, dan beragam gorengan daging sapi, babat, usus, sate kerang hingga paru yang gurih.
Nasi punel ini cenderung memiliki rasa pedas dan bumbu rempah yang kuat. Untuk menambah kenikmatan tak ketinggalan taburan serundeng (parutan kelapa yang disangrai dengan bumbu) menghiasi sajian nasi punel.
6. Rawon Sate Komoh
Hasil gambar untuk rawon sate komoh pasuruan
Pasuruan memiliki makanan khas berupa rawon sate komoh. Makanan ini terbuat dari daging yang dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, sere laos dan jinten dan ditusuk seperti sate. Rawon sate komoh akan terasa lebih nikmat bila disantap saat masih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang