Senin, 19 Agustus 2019

Jajanan Pasar Khas dari Madiun yang Bikin Ketagihan

Madiun adalah salah satu wilayah yang masuk dalam wilayah administrasi Provinsi Jawa Timur. Berbatasan langsung dengan Kecamatan Geger di sebelah selatan, Kecamatan Wungu di sebelah timur, dan Kabupaten Magetan di sebelah Barat. Wilayah yang mempunyai banyak potensi wisata ini pantas dijadikan destinasi wisata bagi kamu yang mengaku pecinta jalan jalan atau traveling. Jalan jalan ke Madiun tidak akan lengkap jika kamu belum mencicipi sajian makanan khas Madiun yang mampu menggoyang lidah. Bukan hanya tempat wisata Madiun saja yang menarik, namun juga ada banyak sekali sajian kuliner Madiun yang menarik dan menunggu untuk dicicipi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan aneka jajanan pasar khas madiun.



1. Kue Manco


Hasil gambar untuk gambar kue manco

Makanan khas Madiun Jawa Timur yang satu ini disebut kue manco yaitu jajanan khas Madiun yang berbahan ketan. Kue manco ini merupakan warisan dari nenek moyang yang mitosnya jajanan ini tidak bisa dibuat di daerah manapun selain di desa asalnya yaitu Desa Tambak Mas. Pasalnya, hanya manco buatan desa Tambak Mas inilah yang jika digigit maka akan berbentuk rongga didalamnya. Cara membuat kue ini sangat sederhana, tepung ketan yang sudah diaduk dengan air hingga membentuk seperti donat ini direbus dan dikeringkan, kemudian dipotong kecil-kecil berbentuk segitiga barulah kue digoreng hingga mengembang. Setelah digoreng, manco yang masih polos ini kemudian dicampur dengan cairan gula merah dan diaduk dengan adonan rasa. Ada beberapa rasa kue manco yaitu rasa ketan, beras, dan kacang. Jajanan khas madiun ini rasanya gurih dan manis selain itu harganya pun sangat murah  sangat cocok dijadikan oleh-oleh buat kamu yang berkunjung ke Madiun.


2. Kue Semprong

Hasil gambar untuk gambar kue semprong

Makanan ringan khas Madiun ini terbuat dari campuran tepung tapioka, gula merah atau gula jawa, dan juga kelapa yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan sajian makanan ringan bernama kue semprong. Kue ini bisa bertahan hingga 8 bulan bila dikemas dalam tempat yang tertutup rapi dan tidak berjamur. Rasanya gurih dan renyah mirip dengan eggroll. Kue semprong ini pas kamu jadikan oleh oleh setelah berkunjung ke Madiun.


3. Madumongso

Hasil gambar untuk gambar madumongso

Madumongso merupakan salah satu jajanan khas Madiun yang juga populer dan banyak digemari. Madumongso ini dibuat dari bahan dasar ketan hitam yang diolah hingga menjadi tape melalui proses fermentasi. Setelah itu, dimasak dicampur dengan gula dan santan hingga menyerupai dodol. Pengemasanya pun unik, biasanya madumongso dibungkus dengan kertas minyak warna-warni ada yang berbentuk bulat dan ada yang berbentuk lonjong seperti dodol. Jajanan madumongso ini rasanya manis sedikit asam dan saangat nagih saat kamu selesai memakannya. Jika kamu ingin mencari madumongso untuk dijadikan oleh-oleh tidak akan sulit, karena di pusat-pusat oleh-oleh di Madiun banyak menjual jajanan khas yang satu ini.


4. Brem Mirasa

Hasil gambar untuk gambar brem mirasa

Makanan khas Madiun brem ini merupakan ikon jajanan kota Madiun. Brem dibuat dari sari ketan yang sudah di fermentasi. Jangan takut brem ini halal karena dibuat menggunakan beras ketan yang masih segar (belum berubah menjadi tape) kemudian dimasak untuk di fermentasi. Brem khas madiun ini berbentuk kotak pipih dengan warna putih sedikit kuning, rasanya pun cukup adem dan segar ditiap gigitanya karena tekstur brem yang padat langsung lebur dan rasa manisnya langsung menyebar kedalam mulut. Varian rasanya pun bermacam-macam ada original, stroberi, coklat, keju, dan lain-lain. Harga jual brem ini juga murah lho.


5. Kerupuk Puli

Hasil gambar untuk gambar kerupuk puli khas madiun

Kerupuk  puli adalah kerupuk  khas Madiun yang terbuat dari nasi yang dikeringkan. Kerupuk ini sangat gurih dan renyah jika sudah digoreng. Kerupuk  puli cocok sekali untuk menjadi teman makan Anda karena rasanya yang sangat enak jika dimakan dengan nasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang