Selasa, 13 Agustus 2019

Kerupuk Lumput Laut Khas Banyuwangi

Di Indonesia banyak sekali aneka macam kerupuk. Di Banyuwangi juga ada loh! tapi kerupuknya terbuat dari rumput laut yang gurih dan renyah. Berikut saya akan menjeelaskan tentang kerupuk rumput laut khas banyuwangi.


Hasil gambar untuk gambar kerupuk rumput laut banyuwangi

Kerupuk adalah jenis pangan yang digemari di Indonesia.Berbagai kalangan menyukai jenis pangan ini baik golongan rendah maupun golongan yang tinggi. Kerupuk sangat beragam dalam bentuk, ukuran, bau, warna, rasa, kerenyahan, ketebalan dan nilai gizinya. Perbedaan ini bisa disebabkan pengaruh budaya daerah penghasil kerupuk, bahan baku dan bahan tambahan yang digunakan serta alat dan cara pengolahannya.

Komposisi bahan sendiri beserta pengolahannya akan sangat mempengaruhi kualitas kerupuk, dimana komposisi bahan ini juga mempengaruhi pengembangan pada kerupuk tersebut. Secara umum bahan baku yang digunakan adalah tepung tapioka, sedangkan bahan tambahannya dapat berupa ikan atau udang, telur atau susu, garam, gula, air dan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sebagainya. Jumlah dan jenis bumbu yang digunakan tergantung pada selera masing-masing.

Hasil gambar untuk gambar kerupuk rumput laut banyuwangi

Kerupuk Rumput Laut adalah makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung tapioka dan tepung terigu yang diramu dengan bahan tambahan berupa Rumput laut spesies Eucheuma cottonii dan dengan penambahan bumbu-bumbu, yaitu bawang putih, garam, bumbu pedas dan gula.

Kelebihan dari Kerupuk Rumput Laut yaitu memiliki rasa gurih yang khas, renyah, dan juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kerupuk Rumput Laut dapat dipasarkan dalam bentuk makanan jadi yang siap dikonsumsi (matang) ataupun makanan setengah jadi (mentah).

Jenis makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan yang mampu membangkitkan selera makan dan bisa juga untuk sekedar dikonsumsi sebagai makanan kecil atau camilan saat sedang santai ataupun saat beraktivitas.



Kriuk renyahnya kerupuk kerap jadi oleh-oleh favorit. Banyuwangi punya kerupuk unik yaitu kerupuk rumput laut. Bahan utamanya merupakan rumput laut spesies Eucheuma cottonii.

Rasa gurih kerupuk rumput laut begitu khas, begitu juga dengan kerenyahannya. Kerupuk ini punya banyak manfaat kesehatan karena tinggi serat. Paling mudah menemukan kerupuk rumput laut di Kecamatan Wongsorejo. Di sini kerupuk rumput laut diolah oleh kelompok Koperasi Wanita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang