Selasa, 06 Agustus 2019

Getuk Lindri, Kuliner Khas yang Hampir Punah

Ditengah perkembangan teknologi yang semakin maju, tak bisa dimungkiri bahwa kuliner khas Indonesia pun ikut tergerus arus perkembangan zaman. Bukan hanya media cetak seperti koran dan majalah saja yang menghadapi senjakala yang ditakutkan banyak kalangan, begitu juga dengan semakin menurunnya minta anak muda terhadap kuliner khas Indonesia yang merupakan warisan budaya yang wajib dilestarikan hingga anak cucu. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Getuk Lindri yang hampir punah, berikut saya akan jelaskan.


Hasil gambar untuk getuk lindri

Salah satu kuliner khas Indonesia yang perlu dilestarikan adalah Getuk Lindri. Getuk merupakan bahasa Jawa yang berasal dari kata gethuk yang merupakan makanan yang berasal dari bahan utama singkong. Karena pada masa penjajahan rakyat indonesia beras sangat sulit untuk didapatkan. Yang mempelopori getuk menjadi makanan pokok adalah Mbah Ali Mohtar berasal dari Desa Karet, Magelang, yang menjadikan panganan itu memiliki rasa enak di mulut dan di perut. 

Hasil gambar untuk getuk lindri

Saat ini sudah semakin jarang ditemukan pedagang Getuk Lindri menjajakan kuliner khas Indonesia ini. Meskipun ada, jumlahnya pun pasti bisa dihitung dengan jari. Kuliner Indonesia semakin tergerus dengan kuliner dari luar negeri yang konon meningkatkan gengsi konsumennya. Padahal, kuliner khas Indonesia tak kalah sehat dan tak kalah nikmat. Sayang, hanya sebagian kecil saja yang menyadarinya.
Kreativitas nenek moyang kita memang patut diacungi jempol. Banyak lahir kuliner khas Indonesia dari panganan Singkong ini. Misalnya saja seperti tape, singkong yang difermentasi sehingga awet dan dapat dimakan kapan saja dengan rasa khas manis dan legit. 

Hasil gambar untuk getuk lindri

Menurut banyak sumber getuk lindri memiliki tiga warna yaitu, crem, pink dan hijau muda warna- warna itu memiliki lambang yang berarti getuk lindri memiliki sifat yang lembut agar selalu diingat oleh semua orang.

Kekhasan Getuk Lindri sendiri adalah dibentuk seperti mie. Bentuk seperti itu di buat agar getuk lindri mepunyai identitas. Getuk Lindri bisa dinikmati menggunakan gula untuk pemanis dan ditambahkan parutan kelapa agar getuk lindri gurih. Jajanan satu ini bisa dimodifikasi atau dibentuk dengan cara yang lain supaya menjadi lebih menarik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang