Senin, 05 Agustus 2019

Kue Kering

Jawa Timur memiliki berbagai macam aneka kuliner,makanan, minuman hingga berbagai macam olahan kue kering yang bisa dijadikan oleh - oleh saat berkunjung ke jawa timur. yang pastinya bakalan bikin kalian nambah akan rasa yang nikmat.

1. Keripik Apel



Jika ditanya oleh-oleh apa yang khas dari Malang, jawabannya adalah keripik apel. Jajanan dengan tekstur garing ini tak pernah absen dari daftar oleh-oleh kota Malang. Keripik apel terbuat dari apel hijau yang menjadi ikon kota Malang. Apel yang sudah dicuci bersih lalu direndam dalam air selama kurang lebih 30 menit baru kemudian digoreng hingga garing selama lebih dari satu jam.

2. Kue Manco


Kue manco asal Trenggalek ini memiliki tekstur yang sangat garing di luar namun empuk di dalam. Kue manco terbuat dari beras ketan, tepung ketan yang diolah sendiri, biji wijen, dan gula merah. Proses pembuatannya sangat rumit dan memakan waktu yang cukup lama, namun citarasanya sangat gurih dan manis sehingga membuat kamu ketagihan.

3. Opak Gambir

Gambar terkait
Opak gambir yang berasal dari Blitar ini terbuat dari telur, tepung beras, garam, gula pasir, santan, kayu manis bubuk, serta minyak goreng. Opak gambir memiliki tekstur yang garing dengan citarasa gurih yang kaya akan rempah. Wangi kayu manis yang bercampur dengan santan membuat aromanya sangat menggoda.

4. Brem

Brem yang berasal dari kota Madiun ini memiliki citarasa manis asam karena terbuat dari sari tape ketan yang diolah dengan teknik khusus lalu dibentuk menjadi kotak-kotak setebal 1-2 cm. Brem sangat diminati anak muda karena mampu menghilangkan jerawat dan meremajakan kulit.

5. Keripik Tempe

Gambar terkait
Keripik Tempe adalah makanan tradisional sejenis keripik yang terbuat dari tempe. Berbeda dengan jenis keripik pada umumnya yang banyak dibuat dari singkong atau kentang, Keripik Tempe dibuat dari bahan dasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas. Keripik Tempe merupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal Indonesia, salah satunya adalah daerah Ngawi, Jawa Timur yang menjadikan Keripik Tempe ini sebagai makanan khas di sana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang