Selasa, 03 September 2019

Makanan Khas Lumajang

Kabupaten ini terkenal akan gunung semerunya. Tapi yang kita kali ini bukan alamnya ya gan, tapi makanannya. Di lumajang ini bisa dibilang makanannya unik-unik baik dari segi menu, resep, rasa dan dengan cirri khasnya sendiri. Banyak juga camilan yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh.
Berikut ini adalah daftar yang kami buat tentang makanan khas kabupaten Lumajang yang harus kalian coba.
1. Pecel Telo 
Hasil gambar untuk pecel telo lumajang
Di Lumajang Jawa Timur, pecel telo sudah menjadi jajanan dan makanan yang populer, kepopuleran makan ini karena keberadannya yang sudah lama di Lumajang.
Pecel telo khas lumajang jawa timur ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah seperti bahan utama pecel pada umumnya.
Yang kemudian membedakan pecel lumajang ini adalah bumbunya yang bahan bakunya dibuat dari ubi jalar.

2. Lontong Petis
Hasil gambar untuk lontong petis lumajang
Makanan khas Lumajang selanjutnya adalah lontong petis, kalau kamu sudah sering mendengan atau mungkin sudah pernah nyobain tahu petis beda halnya dengan lontong petis. Sebenarnya yang membedakan bukan hanya tahu dan lontongnya saja.
Bumbu dan cara penyajiannya juga berbeda dari tahu petis, di Lumajang lontong petis biasa dikolaborasikan dengan sayur daging ayam, telur ayam, tahu dan lainnya. Lontong petis bisa sebagai pengganjal di saat perut kamu kosong. Kamu juga bisa mendapati nya dengan harga yang murah.
3. Bledus
Hasil gambar untuk bledus lumajang
Bledus dibuat dari jagung pipil kering, sebelum di olah jagung pipil kering ini harus direndam terlebih dahulu selama satu malam. Setelah di rendam jagung pipil di rebus yang membutuhkan waktu yang lama, setelah direbus maka jadilah bledus.
Tapi dalam penyajiannya tidak hanya bledus saja, sebelum di makan bledus ditaburi atau ditambahkan kelapa parut yang pastinya akan menambah rasa dan tampilan yang unik.
4. Kue Latok
Hasil gambar untuk kue latok lumajang
Kue latok memang bukan menjadi makanan khas asli Lumajang, tapi kue latok dapat kamu temui di Kota Lomajang dan sudah mejadi kue favorit. tidak hanya itu meskipun kue latok ini banyak di jumpai di berbagai kota di Indonesia, kue latok yang ada di Lumajang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan kue latok lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang