Selasa, 27 Agustus 2019

Sejarah dan Resep Kue Pukis

 Sejarah Asal Usul Mula Pukis


Kue pukis yang kita kenal sampai saat ini merupakan salah satu jenis kudapan yang berasal dari kabupaten banyumas di Jawa Tengah. Hingga saat ini kue pukis sudah menyebar ke daerah surabaya, jakarta, bahkan seluruh nusantara.

Masih ingat dong jajanan-jajanan yang ada di pinggir jalan? biasanya kue ini ditemukan saat pagi hari ataupun sore hari hingga malam hari.

Hasil gambar untuk gambar pukis

Kue pukis sendiri dibuat dengan adonan yang berasal dari tepung terigu, gula pasir, telur, santan, dan ragi. Diaduk menjadi satu lalu dituangkan ke dalam cetakan pukis dan dipanggang. Saat ini pukis sudah banyak dipadu dengan keju, meises, coklat, kacang, bahkan irisan daging.

Kue Pukis di nusantara ternyata punya banyak penggemar. Ternyata jajanan pasar ini makanan dari China yang sekarang merakyat di Indonesia.

Kisah ini bermula saat masa penjajahan, masyarakat Sampang Kebumen yang diculik penjajah saat itu. Penjajah mewajibkan mereka yang diculik untuk bekerja membuat kue pukis.

Dulunya, resep kue pukis sendiri tidak pernah diceritakan kepada siapa pun. Tapi, entah mengapa seseorang di antara mereka ada yang mendapatkan bocoran tentang apa saja bahan yang digunakan untuk membuat pukis dan bagaimana cara pengerjaannya.

Akhirnya, seseorang tersebut mengetahui semua tentang pembuatan pukis. Karena merasa bosan dijajah, seseorang yang tahu cara membuat pukis tadi berinisiatif untuk melarikan diri dari tempat penculikan tersebut dan berhasil lolos.

Tanpa menunggu lama setelah lolos kabur, dia langsung mempraktikkan membuat pukis sendiri. Hasilnya, kue pukis ini jadi primadona dan terkenal sampai seluruh Indonesia. 



Hasil gambar untuk gambar pukis

Cara Membuat Kue Pukis
 

Bahan-bahan

    250 gram terigu protein tinggi (Cakra Kembar)

    150 gram gula pasir

    3 butir telur

    1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional

    1/2 sdt essence vanilla

    1/4 sdt garam

    1 sdt ragi instant/yeast

    350 santan sedang kentalnya (aku pake Kara ukuran 65 ml ditambah air hingga volumenya 350 ml)

    1 1/2 sdt pasta pandan

    65 gram margarin, lelehkan, dinginkan

    50 ml susu kental manis putih

Hasil gambar untuk gambar pukis

Langkah

    Ayak terigu. Sisihkan

    Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan.

    Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata

    Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer

    Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula

    Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk dengan spatula.

    Masukkan susu kental manis. Aduk dengan spatula.

    Diamkan selama 20-30 menit

    Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin. Setelah panas, kecilkan api.

    Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping. Tutup kembali dan masak sampai matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang