Selasa, 27 Agustus 2019

Lemet Singkong

Hasil gambar untuk gambar lemet

Lemet Pohong dalam bahasa Indonesia disebut Lemet Singkong. Makanan “lama” ini sangat nikmat dimakan ketika hangat. Saat digigit terasa kenyal, empuk, dan nikmat. Perpaduan aroma singkong rebus dan rasa manis dari gula merah memberikan sensasi yang tidak terlupakan. Apalagi dengan harum bau pandan yang diramu jadi satu membuat kelezatan itu terasa melekat di fikiran bawah sadar. Jika sudah lama tidak makan, maka saat melihat lemet pohong air liur terasa mengalir lebih banyak.

Lemet, rasanya manis dan teksturnya kenyal, sekilas kuliner ini mirip dengan lontong namun bedanya kuliner ini terbuat dari olahan singkong. Olahan ini di buat dengan cara memarut lembut singkong, kemudian di tambahkan sedikit garam dan di campur hingga merata. Setelah itu akan di bungkus daun pisang dan di kukus.

Namun sebelum di bungkus, terlebih dahulu adonan ubi bagian tengah akan di tambahkan bubuk gula merah, baru kemudian di kukus. Setelah matang, kuliner ini akan berwarna kekuningan dengan tekstur lengket dan kenyal serta rasanya yang sangat manis. Tak hanya manis dan enak, kuliner ini juga memiliki peran sebagai pengganti asupan karbohidrat yang baik, sehingga bagi para pelaku diet makan kuliner ini adalah yang paling tepat.

Lemet singkong merupakan kue tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Kue ini memiliki rasa yang manis dan harganya cenderung murah. Meski begitu, kue ini memiliki kelezatan tersendiri bagi penggemarnya. Kue ini biasanya banyak ditemui di pasar-pasar tradisional.

Hasil gambar untuk gambar lemet

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
    Bahan Kulit:
        1.000 gram singkong parut
        1 1/2 sendok teh garam
        1/2 sendok teh vanili bubuk
        daun pisang untuk membungkus
    Bahan Unti:
        200 gram kelapa parut kasar
        150 gram gula merah, disisir halus
        1/4 sendok teh garam
        3 lembar daun pandan
        100 ml air
    Cara Pengolahan :
        Unti: masak bahan unti sambil diaduk sampai kalis.
        Kulit: aduk rata bahan kulit.
        Ambil daun pisang. Beri adonan kulit. Isi dengan unti. Tutup dengan adonan kulit lagi.
        Bungkus dengan daun pisang. Semat dengan lidi. Kukus 40 menit sampai matang.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang