Senin, 26 Agustus 2019

Sego Kucing Banyuwangi

Pada zaman dulu, nasi kucing juga dijual dengan cara berkeliling, namun sekarang sudah banyak yang menjualnya di angkringan atau hik, semacam warung pinggir jalan yang menetap di satu tempat.
Meski begitu, kini nasi kucing memiliki daya tariknya sendiri. Nasi kucing menjadi makanan khas daerah yang banyak dicari dna membuat penasaran wisatan lokal maupun mancanegara, sehingga derajatnya naik, bukan jadi makanan orang miskin lagi. Para penjual nasi kucing juga membuat banyak variasi lauk sehingga orang bisa memilih sesuai selera.
Satu porsi nasi kucing terdiri dari satu kepal nasi putih, dengan lauk ikan teri, tempe yang dibumbu dan sedikit sambal. Nasi kucing umumnya dibungkus dengan daun pisang, namun ada juga yang membungkusnya dengan kertas coklat pembungkus nasi. Jika sudah makan satu, ingin makan lagi dan lagi.
Hasil gambar untuk gambar sego kucing banyuwangi
Nasi kucing bisa jadi santapan nikmat di malam hari bagi mereka yang masih merasa lapar kendati sudah makan malam. Nah, nasi kucing menghadirkan sensasi tersendiri sebagai camilan dengan porsi pas. Tak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit.

Sajian nasi kucing sederhana tapi cukup menggugah selera. Segenggam nasi ditemani lauk tumis mi bihun, telur dadar, dan sambel tahu. Perpaduan tiga lauk ini menghadirkan rasa yang sedap saat dikunyah. Sambel tahu ini berasa pedas menyatu dalam potongan tahu.

Hasil gambar untuk gambar sego kucing banyuwangi

Di sekitar keranjang tempat nasi kucing, tersedia bermacam lauk tambahan yang menggiurkan. Ada sate telur puyuh, sate jeroan hati, sate usus, ceker ayam sambel kecap, ditambah aneka gorengan mulai dari tempe sampai tahu berontak. Tentu saja, tambahan lauk menambah sensasi kenikmatan nasi kucing sambel tahu seharga Rp 3.000 per bungkusnya.

Semakin malam, kegayengan tak juga surut. Terlebih segelas kopi sedu semakin membuat penikmat nasi kucing betah bertahan di sana. Tak jarang pengunjung menikmati lebih dari satu porsi atau membawanya pulang. Rasa nasi kucing ini memang sukar untuk dilupakan. Walau untuk dapat menikmati makanan ini, harus bersabar menunggu sampai malam tiba. Penantian tersebut terbayar sudah ketika nasi kucing sudah didapat.

Hasil gambar untuk gambar sego kucing banyuwangi

Jangan anggap semua pengunjung warung ini hanya berasal dari kalangan menengah ke bawah. Nasi kucing sambel tahu ini juga dinikmati oleh berbagai kalangan di Malang. Beberapa pengunjung memarkir mobilnya di dekat warung untuk bisa menikmati suasana angkringan yang sederhana dan santai. Sampai hampir larut malam, beberapa pengunjung masih asyik bercengkrama dengan temannya. Berbagi cerita dan bercanda walau ketersediaan nasi kucing sudah habis. Warung angkirngan ini menjadi ajang bersantai yang murah meriah ditemani hidangan yang memikat hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang