Senin, 26 Agustus 2019

Orok - Orok

Termasuk makanan khas indonesia yang tradisional, sepertinya sebuah makanan yang terkenal dengan nama Horok-Horok ini wajib untuk di masukkan kedalam daftar makanan khas indonesia. Pasalnya Horok-Horok ini merupakan makanan ringan yang berasal dari Jepara dan merupakan makanan indonesia yang di buat dari tepung pohon aren, untuk rasa dari Horok-Horok ini sedikit asing dan mempunyai tekstur yang sangat kenyal.

Akan tetapi jika anda beruntung, biasanya ada saja orang yang menjual orok-orok ini di pinggiran jalan. Meskipun di jual di pinggiran jalan, akan tetapi rasanya tidak kalah dengan makanan-makanan yang di jual di rumah makan. Untuk mendapatkan rasa yang manis, biasanya masyatrakat indonesia mencampur Horok-Horok ini dengan gula pasir dan ternyata Horok-Horok ini termasuk makanan yang sangat mengenyangkan.

Hasil gambar untuk orok orok banyuwangi

Orog-orog, jajanan tradisional yang masih bertahan sampai kini. Terbuat dari tepung beras, gula dan pewarna makanan berwarna hijau dan merah muda. Penganan satu ini bercita rasa gurih dan legit yang membuat penikmatnya ketagihan.

Pembuatan Orog-orog sendiri cukup mudah. Adonan tepung beras yang sudah jadi, lalu dikukus dalam waktu tidak terlalu lama. Biasanya, lubang tengah dalam tempat kukusan tersebut diberi daun pisang agar aromanya lebih khas.

Jajanan khas Banyuwangi tersebut bisa ditemui di pasar pagi Jalan Kendang Kempul, Cungking. Harga satu bungkusnya sangat murah. Orog-orog sangat cocok untuk sarapan dengan ditemani seduhan hangat.

Hasil gambar untuk gambar orok orok banyuwangi

Bahan:


  • Tepung beras secukupnya
  • Gula Jawa secukupnya
  • Kelapa secukupnya

Cara Membuat:

1. Sebelum membuat orok-orok, Anda harus mempersiapkan alat seperti pemarut kelapa dan
pengukus.
2. Setelah itu baru mengambil tepung beras untuk dikukus selama kurang lebih seperempat jam.
Angkat dan kemudian biarkan selama 24 jam atau satu hari
3. Sesudahnya, kukus kembali selama seperempat jam juga. Angkat dan dinginkan selama beberapa
saat.
4. Siapkan kelapa untuk diparut secukupnya. Lalu Anda harus menyisir atau mengiris gula Jawa.
5. Ambil piring dan sajikan orok-orok khas Banyuwangi bersama parutan kelapa serta gula Jawa
yang sudah disisir tadi
6. Orok-orok siap dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang