Jumat, 30 Agustus 2019

Orem-Orem Kuliner Khas Malang

Orem-orem, masakan yang terdapat hanya di Malang ini berbahan sadar irisan tempe goreng, ayam, lalu dimasak dengan kuah santan yang kental. Agar semakin nikmat, Orem-orem disajikan dengan ketupat iris, diberi tauge dan kecap manis serta sambal sesuai selera. Cita rasanya hampir mirip dengan sayur lodeh.
Uniknya, Orem-orem dimasak menggunakan bahan bakar arang, karena bara api arang lah yang membuat aroma bumbu dasarnya tak berubah.  Masakan yang mulai menjamur di Malang sejak tahun 80-an ini bukan hanya sekadar menjadi makanan khas Malang, namun juga menjadi identitas. Orem-orem tidak akan lengkap apabila tidak disajikan dengan tempe khas Malang dan bumbu-bumbu khasnya yang juga menggunakan bumbu lokal Malang.
Hasil gambar untuk orem orem malang
Orem-orem menjadi istimewa sebagai kearifan lokal Malang karena masakan ini dahulu tidak dimasak untuk sekadar dinikmati atau bahkan dibisniskan. Orem-orem ini dahulu hanya disajikan dalam acara hajatan seperti pernikahan dan syukuran di kota Malang. Orem-orem sebagai wujud syukur warga Malang terhadap rezeki yang mereka dapatkan.
Melalui Orem-orem warga Malang dapat memaknai sebuah kehidupan. Tidak hanya terus mengejar mencari materi, namun tetap ingat tentang perwujudan syukur yang harus diselipkan dalam sebuah kehidupan agar kehidupan kita seimbang. Hal ini yang tidak bisa kita dapatkan pada era modern, tidak ada lagi makanan-makanan yang menjadi sebuah manifestasi ucapan syukur, karena makanan hanya menjadi sebuah unsur yang dibutuhkan tubuh manusia.
Anda masih bisa menikmati kuliner Orem-orem di beberapa kedai di Malang, di antaranya ada Orem-orem Pak Tik di kawasan Comboran dan Orem-orem Khas Arema di Jalan Blitar. Jika Anda sedang ingin menikmati makan siang dengan kuliner asli Malang, Orem-orem bisa Anda coba sambil mendalami makna bagaimana kuliner ini bisa ada di Malang.

Cara Membuat Orem-Orem
Hasil gambar untuk orem orem malang
Bahan-Bahan:
100 gram tempe
150 gram tahu
1 liter santan
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1,5 sdt garam
1,5 sdm gula merah
minyak untuk menumis secukupnya
Bumbu Halus:
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
2 butir kemiri
2 cm kencur
2 cm lengkuas
Bahan untuk pelengkap :
3 buah lontong (potong-potong)
Toge/kecambah (rebus sebentar)
Telur bebek rebus (potong jadi dua)
Bawang merah goreng (untuk taburan)
Cara Membuat:
  • Potong tempe dan tahu bentuk korek api (atau sesuai selera). Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan daun salam dan daun jeruk.
  • Tuang santan dan beri bumbu garam dan gula merah. Masukkan tempe-tahu, aduk hingga matang.
  • Matikan api. Sajikan dengan bahan pelengkap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang