Senin, 19 Agustus 2019

Macam - Macam Kuliner Khas Lamongan

Makanan Khas Lamongan – Lamongan ini merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan wisata baharinya, karena berbatasan langsung dengan laut jawa. Karena terkenal dengan wisatanya, biasanya saat akan pulang dari Lamongan, para wisatawan ini akan berburu oleh-oleh dan camilan khas lamongan untuk mereka bawa pulang di pusat dan toko oleh-oleh.
Berikut beberapa rekomendasi makanan Khas Lamongan yang bisa anda simak di bawah ini.

1. Nasi Boranan
Hasil gambar untuk gambar nasi boranan lamongan
Kata boranan berasal dari sebutan untuk tempat menyimpan nasinya yaitu  “boran”, itulah mengapa disebut Nasi Boranan. Nasi Boranan merupakan salah satu makanan khas kota Lamongan yang wajib Anda coba. Makanan khas ini terdiri dari nasi, lauk, bumbu dan rempeyek. Para penjual nasi ini biasa berjualan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota dan beberapa pinggir jalanan kabuaten Lamongan.
Lauk yang ditawarkan oleh sang penjual banyak dan bervariasi, seperti ikan bandeng, daging ayam, tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, hingga ikan sili yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lauk lainnya. Sedangkan bumbu Nasi Boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan. Biasanya dalam penyajian Nasi Boranan menggunakan wadah yang dilapisi daun pisang.
Ada beberapa lauk yang khas dari Nasi Boranan, diantaranya empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk ini terbuat dari tepung terigu yang dibumbui, sedangkan pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng.
2. Soto Lamongan
Hasil gambar untuk gambar soto lamongan
Makanan khas Kota Lamongan yang kedua adalah Soto Lamongan. Siapa sih yang nggak kenal dengan menu makanan yang satu ini. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di Kota Lamongan. Soto Lamongan ini memiliki ciri-ciri yang sangat khas yang membedakan dari soto di daerah lain. Ciri khas yang menonjol dari makanan yang satu ini adalah kuah soto yang berwarna kuning berminyak yang di dalamnya telah diberi tambahan bumbu rempah yang khas.
Cita rasa yang disajikan makanan khas Kota Lamongan yang terkenal ini adalah rasa gurih yang dominan. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan tambahan tomat, suwiran daging ayam, irisan kol, mie bihun,daun bawang, serta tak lupa irisan telur ayam. Sebagai pelengkapnya, Soto Lamongan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk udang, sambal, jeruk nipis, serta bawang goreng yang akan menambah rasa gurih pada makanan khas yang satu ini.
3. Tahu Campur
Hasil gambar untuk gambar tahu campur lamongan
Menu makanan khas yang satu ini merupakan ikon makanan di Jawa, karena menang tak hanya di Lamongan saja kita bisa menemukan makanan yang satu ini.
Tahu Campur khas Lamongan dibuat dengan menggunakan bahan dasar lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, dan daging sapi yang telah dicampur dengan sayuran yakni kecambah serta daun selada. Tahu Campur biasanya dihidangkan dengan tambahan kuah yang telah dicampur dengan petis udang.
4. Bandeng Colo
Hasil gambar untuk gambar bandeng colo lamongan
Bandeng Colo merupakan salah satu menu makanan yang sangat terkenal di Kota Lamongan. Makanan ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan ikan bandeng, sayuran, serta sup kuning.
Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan pastinya sangat cocok untuk kamu para penggila pedas. Makanan ini dijuluki dengan nama colo-colo tak lain dan tak bukan karena sambal pedasnya yang bercampur dengan rasa masam segar dari jeruk nipis.
5. Rawon Lamongan
Hasil gambar untuk gambar rawon lamongan
Rawon merupakan salah satu menu kuliner khas Kota Lamongan Jawa Timur yang cara memasaknya sama dengan rawon yang ada pada daerah lain, yakni dengan menggunakan kluwek sebagai pemberi warna hitam gelap pada makanan khas yang satu ini.
Perbedaan Rawon khas Lamongan dengan rawon yang ada di daerah lainnya adalah terletak pada bumbu yang digunakan. Jika memasak rawon pada umumnya tidak menggunakan kunyit, lain halnya dengan rawon khas Lamongan ini yang dimasak justru ditambah dengan kunyit.
6. Jumbrek
Hasil gambar untuk gambar jumbrek lamongan
Jajanan lainya di lamongan yang juga populer dan banyak di minati yaitu Jumbrek. Makanan ini berbahan dasar dari tepung beras di campur dengan santan dan gula jawa, di adoni hingga kalis, dibungkus daun siwalan, dibentuk mirip kerucut, kemudian di kukus hingga matang.
Cita rasa yang ditawarkan makanan yang satu ini sangatlah unik. Jumbrek memiliki cita rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut sehingga sangat lezat ketika kita meikmati jajanan khas yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang