Selasa, 13 Agustus 2019

Kuliner Khas Sidoarjo yang Bisa Dijadikan Buah Tangan

Makanan Khas Sidoarjo – Hampir sama seperti daerah lain di Indonesia, kabupaten yang terletak di Jawa timur ini juga memiliki makanan khas dan oleh-oleh yang menjadi ciri dari kabupaten ini. Harga yang terjangkau dan ada diantaranya cukup tahan lama, cocok di jadikan buah tangan dari Sidoarjo.
Berikut ini adalah makanan khas Sidoarjo yang biasa si temui jika anada berkunjung di Sidoarjo.
1. Bandeng Asap
Hasil gambar untuk gambar bandeng asap
Makanan khas Sidoarjo lainnya adalah ikan bandeng asap. Perlu diingat bahwa Sidoarjo merupakan kota tambak yang menjadi salah satu penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa.
Oleh karena itu masyarakat Sidoarjo memasukkan ikan ini dalam lambang kota mereka yang bersanding dengan udang. Dengan stok bandeng yang melimpah di Sidoarjo, maka tak heran jika banyak olahan variasi makanan yang berasal dari ikan bandeng di Sidoarjo.
Namanya juga bandeng asap, maka cara pembuatannya juga melalui proses pengasapan. Selain sebagai salah satu tujuan kuliner yang enak, wisatawan juga sering membawanya pulang sebagai buah tangan karena masakan ini tahan lama walau tanpa dimasukkan.
2. Bandeng Presto
Hasil gambar untuk gambar bandeng presto sidoarjo
Olahan yang kedua dan juga sangat terkenal yaitu bandeng presto. Bandeng presto merupakan makanan yang dibuat dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara di presto.
Presto merupakan cara memasak dengan menggunakan uap air yang bertekanan tinggi sehingga dapat melunakkan tulang-tulang ikan bandeng itu sendiri.
Bandeng presto Sidoarjo memiliki cita rasa yang khas sehingga membuatnya digemari banyak orang. Selain aroma dan rasanya yang menggugah selera, Anda pun tidak perlu repot-repot menghilangkan duri-durinya yang banyak karena sudah dimasak dengan presto. 3. Otak - Otak BandengHasil gambar untuk gambar otak otak bandeng  sidoarjo










Sekali lagi olahan dari ikan bandeng yang juga menjadi ikon dari kota Sidoarjo yaitu otak-otak bandeng. Ada beberapa daerah yang juga memiliki olahan otak-otak bandeng, seperti di Gresik.
Namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal cita rasa. Otak-otak yang dibuat di Sidoarjo menggunakan isian kelapa yang disangrai kering  yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah halus serta kocokan telur.
Rasa gurih dan harumnya aroma yang kuat membuat perut tidak bisa menahan godaan untuk makan.

4. Ote - Ote Porong
Hasil gambar untuk gambar ote ote porong  sidoarjo

Masakan khas Sidoarjo lain yang selalu dicari-cari wisatawan adalah Ote-ote Porong. Ote-ote atau yang biasa disebut bakwan di daerah lain. Anda bisa mendapatkan ote-ote ini di depan tanggul lumpur Lapindo, selain di Jl. Raya Porong, ote-ote ini hanya dijual di R.M Putri Sunda. Ukuran Ote-ote Porong cukup besar dengan isian yang padat berupa rumput laut, tiram dan daging ayam atau daging babi.
Selain ote-ote, kedai ini juga menjual jajanan yang lain seperti kompyang, bagelen, dan bakso goreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang