Selasa, 13 Agustus 2019

Kue Dollar Jajanan Khas Kota Surabaya

Ada uang yang bisa dimakan. Sering pertanyaan itu muncul ketika pertama mendengar nama kue dolar di masa kecil. Uang ini memang lain, bukan semata uang logam dolar dari luar negeri. Sesuai bentuknya yang pipih dan bundar camilan dari Surabaya ini diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin.
Hasil gambar untuk gambar kue dollar surabaya
Usaha kue dolar ini sudah dimulai sejak 1936. Adonan dan rasa sama dengan kue japit yang biasanya dibentuk gulung. Kuweh Dollar dibuat dalam beberapa rasa yaitu keju, cokelat wijen, wijen, dan vanila.
Stan Kuweh Dollar Tjap Masin berada di main hall tahap I dan III Pasar Atum. Berdekatan dengan sisi bawah eskalator, lengkap dengan tampilan live kitchen-nya. Mesin pembuat kue berada disana dan proses pembuatan kuweh dollar bisa disaksikan langsung oleh pembeli.
Proses pencetakan kue dilakukan setiap hari di stan, sehingga sebagian besar kue masih fresh saat dibeli pengunjung.
Mesin ini ukurannya sangat  besar, terkesan tua, dan berat. Meski demikian masih berfungsi dengan baik. Untuk membuat kue dolar yang tipis, tetesan sedikit adonan dijepit lempengan besi. Sebelumnya permukaan lempengan besi itu diolesi mentega, sehingga adonan tidak lengket. Setelah beberapa detik, adonan yang menipis itu pun matang dan siap diambil untuk diwadahi.
Hasil gambar untuk gambar kue dollar surabaya
Kue dollar terbuat dari adonan tepung beras, telur, kacang tanah bubuk dan gula palem. Adonan cair tersebut dituang ke cetakan khusus yang terbuat dari besi atau aluminium dan dipanggang. Setelah matang dan kering kue diangkat dari cetakan, didinginkan dan siap dikemas atau langsung disantap. 
Kue dolar juga dikenal sebagai kue tempo dulu. Usaha kue dolar pertama kali muncul tahun 1936 yang diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya. Saat ini, tokonya terdapat di Pasar Atum, Jalan Bunguran no 45, Surabaya. Selain membeli ke dollar, di toko tersebut pengunjung juga bisa melihat langsung pembuatan kue dollar.
Varian rasa dari kue dollar ini ada bermacam-macam, mulai dari yang gurih, renyah dengan taburan wijen, keju, matcha dan aroma jahe.

Hasil gambar untuk gambar kue dollar surabaya

Kue Dollar dibandrol dengan harga Rp 26ribu / 150 gram dan tersedia berbagai varian rasa seperti original, coklat, coklat wijen, vanilla dan vanilla wijen.  Selain Kue Dollar kamu juga bisa menemukan oleh-oleh khas Surabaya lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang