Senin, 26 Agustus 2019

Bondowoso dengan Kuliner Khasnya

Makanan Khas Bondowoso – Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, mulai dari tempat wisata, budayanya, adat, bahasa hingga makanan. Membawa makanan khas yang terkenal sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman adalah sebuah tanda bahwa Anda mengunjungi daerah penjaja makanan khas tersebut.
Kali ini kami akan memerikan rekomendasi makanan khas dari Bondowoso, bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke Bondowoso atau sedang berada di Bondowoso, sebaiknya sebaiknya simak baik-baik daftar makanan khas bondowoso berikut ini.
1. Nasi Mamong
Hasil gambar untuk gambar nasi mamong bondowoso
Makanan khas bondowoso ini memiliki nama yang unik, Nasi mamong. Kata mamong berasal dari bahasa Madura yang artinya bingung. Nasi mamong merupakan kuliner yang cukup unik dan terinspirasi dari orang-orang zaman dulu, masyarakat bondowoso zaman dulu gemar sekali membawa bekal nasi ketika bepergian jauh, maka nasi dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus, supaya tidak basi.Nasi ini biasa disajikan dengan lauk pauk seperti sayu daun singkong, teri, ayam dan sambal yang sangat pedas. Anda dapat menemukan nasi mamong di warung-warung ataupun restoran.
2. Bakso Gulung Bondowoso
Hasil gambar untuk gambar bakso gulung bondowoso
Bagi Anda penggemar kuliner bakso anda harus dan wajib untuk mencicipi bakso khas Bondowowo. Bakso ini berbeda dengan bakso-bakso lain yang berada di berbagai daerah di Indonesia, karena bakso khas Bondowoso dibuat dengan cara digulung.
Di dalam gulungan bakso terdapat telor goreng dadar dan daging sapi yang dicincang. Bakso Bondowoso memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai cita rasa yang susah untuk dilupakan. Bakso gulung khas Bondowoso memang tidak akan cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah, namun akan sangat cocok untuk dimakan di tempat sembari menikmati suasana kabupaten Bondowoso.
3. Boneless Chiken
Hasil gambar untuk gambar boneless chicken bondowoso
Untuk anda penggemar ayam goreng yang kebetulan berada di Bondowoso jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bondowoso yang satu ini yaitu Boneless Chicken. Boneless Chicken ini di masak dengan takaran bumbu rempah-rempah yang khas sehingga rasanya begitu enak dan sangat menggiurkan.
Anda bisa membeli makanan khas Bondowoso ini di Jl.Tirta Asri Bondowoso. Anda juga bisa membungkus makanan ini untuk di jadikan oleh-oleh saat pulang dari Bondowoso.
4. Surma
Hasil gambar untuk gambar surma bondowoso
Surma ini merupakan makanan yang nampak seperti kebab yang terbuat dari daging cincang di tambah dengan irisan sayur segar, mentimun, tomat dan saus di bungkus dengan kulit tepung dan di goreng.
5. Nasi Macan Bu Banjir
Hasil gambar untuk gambar nasi macan bu banjir bondowoso
Nasi macan Bu Banjir merupakan salah satu tempat kuliner di Bondowoso yang sangat terkenal. Dinamai Nasi Macan karena porsi nasi yang banyak dan harga murah, serta rasa pedasnya yang luar biasa.
Jika kamu berkunjung kesini, maka kamu akan menemukan ulekan super besar untuk membuat sambal. Sepiring Nasi Macan  biasanya berisi nasi putih dengan serundeng, lalapan sayuran, dan ayam yang menjadi pelangkap nasi tersebut. Kamu juga bebas memilih lauk sesuai selera kalian, jangan bilang pernah datang ke Bondowoso jika belum pernah mengunjungi nasi macan Bu Banjir ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang