Senin, 02 September 2019

Resep Sayur Kesrut

Hasil gambar untuk sayur kesrut banyuwangi

Bahan :


  • 500gr daging lulur plus belungan tangkarnya atau belungan ayam biasanya sayap ayam kalo versi ayam, bisa juga kikil suka2 kita aja utk versinya,  rebus, sisihkan.  ( aku pakai kikil dan tapak walang yang di rebus agak empuk dan lemak berkurang, buang airnya )
  • Garam 1 1/2 sendok teh ( sesuai selera )
  • Gula pasir ( aku 1 sendok makan lebih tadi, pokoknya di koreksi aja hingga pas gurih manisnya )
  • 1 sendok teh kaldu sapi ( karena aku nggak pakai air kaldu kikilnya, takut amis, aku ganti kaldu instan )
  • Rebus sebentar dan haluskan:
  • 8 bawang merah. 
  • 4 bawang putih,  
  • 5 cabe besar.  
  • 8 cabe kecil. 
  • 2 tomat





Bahan lain


  • 3 cm lengkuas,  memarkan
  • 1sdt terasi goreng
  • Belimbing wuluh secukupnya ( aku 10 buah )
  • Garam gula secukupnya
  • Irisan daun bawang secukupnya




Pelengkap :


  • Kol/kubis, potong kasar ( penggunaan kol hannya untuk versi ayam kalo versi daging nggak pakai ) 
  • Tempe goreng ato tempe bacem yg digoreng bila ada empal juga boleh 



Cara Membuatnya:


  1. Bumbu yg sudah direbus campur dengan terasi dan haluskan.  Lalu tumis harum,  masukkan lengkuas. 
  2. Masukkan tumisan bumbu pada rebusan daging (takar air kaldunya 1500 ml kira-kira ) atau jika pakai kikil, pakai air biasa agar tidak terlalu berlemak kuahnya ( versi aku )  
  3. Beri garam gula dan belimbing wuluh.  Masak sampe bumbu meresap.  
  4. Bila yg dimasak versi ayam. Masukkan kol sesaat sebelum diangkat biar kol nggak terlalu layu.
  5. Masukkan irisan daun bawang
  6. Koreksi rasanya.  Rasa akhir harus pedas manis asem seger. 
  7. Sajikan panas-panas dengan tempe goreng atau empal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang