Jumat, 30 Agustus 2019

Suwar - Suwir Jember

Hasil gambar untuk suwar suwir jember

Suwar-suwir menjadi oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Jember.
Oleh-oleh ini dibuat dari bahan tape, gula, dan tepung, kemudian dijemur matahari supaya kering dan tahan lama. Adonannya seperti dodol, tetapi dengan struktur lebih padat. Hanya, saat digigit begitu lembut dan lumer di lidah.

Rasanya legit, manis, bercampur kecut. Selintas seperti sedang mencicipi tape. Manisnya pun tak terlalu menggigit. Bentuknya kotak-kotak kecil memanjang menyerupai kotak balok mini. Warna pun beraneka, mulai dari hijau, coklat, putih, hingga merah.
Makanan ini memang hanya untuk camilan. Cocok untuk minum teh sambil santai menonton televisi atau mengobrol bersama teman. Makanannya tidak mengenyangkan karena besarnya hanya seukuran jempol orang dewasa.

Seiring dengan perkembangan zaman yang selaras dengan permintaan pasar, suwar-suwir tidak hanya melulu menyajikan rasa sirsak. Sekarang, kita dapat menemukan suwar-suwir dengan rasa yang lebih variatif, sebut saja rasa nangka, nanas, strowberry, durian, kelapa muda, kacang hijau, bahkan keju, susu, coklat, dan berbagai macam pilihan rasa lainnya.

Meskipun tidak hanya memakai daging buah sirsak lagi, tapi suwar-suwir hasil modifikasi tetap bisa disuwir-suwir. Rasanya pun tidak kalah nikmat dengan suwar-suwir yang versi orisinil, tetap manis dan legit di lidah. Salah satu keistimewaan suwar-suwir adalah cara pembuatannya yang masih manual, belum menggunakan mesin yang justru dimungkinkan bisa merusak citarasa aslinya. Namun, meskipun belum mengenal teknologi mesin modern dan tidak bersentuhan dengan bahan pengawut, suwar-suwir tetap istimewa karena bisa bertahan hingga 9 (sembilan) bulan lamanya.




cara Membuat Suwar - Suwir

Hasil gambar untuk suwar suwir jember

Bahan-bahan:
  • 500 gr tepung ketan
  • 50 gr tepung beras
  • 100 gr tape masak
  • 250 gr gula merah
  • 300 gr gula pasir
  • 1/2 sdm garam
  • 1 gelas santan kental
  • 750 ml susu cair
Cara Membuat Suwar-suwir khas jember:
  1. Campur tepung ketan, tepung beras, tape, garam menjadi satu, lalu sisihkan.
  2. Masak Gula merah, gula pasir dan susu cair kemudian saring.
  3. Kemudian masukkan kedalam campuran tepung ketan, tepung beras, tape dan garam.
  4. Jika sudah tercampur rata, aduk hingga menyerupai bubur
  5. Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit.
  6. Aduk sampai kental dan mengeluarkan minyak, lalu angkat.
  7. Lalu cetak/masukkan ke loyang, lalu dinginkan dan dipotong.
  8. Siap dinikmati


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang