Jumat, 30 Agustus 2019

Sejarah dan Resep Onde - Onde

Sejarah Onde-Onde
Hasil gambar untuk sejarah onde onde
Sejarah onde-onde sebetulnya sudah ada sejak zaman dinasti Tang di China dan menjadi kue resmi daerah Changan/Xian. Sebagian besar pedagang dan pendatang dari China membawa makanan tradisional ini ke wilayah China bagian selatan hingga ke Asia selatan. Sebutan kue ini bermacam-macam, di Cina utara disebuat matuan, di Cina timur disebut ma yuan, dan di daerah Hainan disebut jen dai. Adapula yang menyebut kue ini dengan zhimaqiu yang artinya bola wijen.
Onde-onde disebut sebagai kuih bom di negara tetangga. Kuih bom biasanya berisi parutan kelapa manis atau kacang dan variasi pasta kacang merah. Di Vietnam, makanan ini dikenal sebagai banh cam di daerah Vietnam selatan dan banh ran di daerah Vietnam utara. Beda dengan banh cam, Banh ran diberi pengharum bunga melati dan biasanya isinya lebih kering dari onde-onde lainnya. Isinya dapat berupa pasta kacang hijau manis bahkan kadang-kadang juga diisi dengan daging cincang, bihun dan ubi, jamur, dan bahan makanan khas Vietnam lainnya. Masyarakat setempat biasanya menyajikan kue ini dengan paduan sayur dan saus celup. jajanan ini sangat terkenal di kawasan asia sejak lama, hingga sekarang.


 Resep Onde - Onde
Hasil gambar untuk sejarah onde onde
Bahan Kulit :
250 gram tepung ketan
25 gram tepung sagu
175 ml santan hangat
1/4 sdt garam
100 gram wijen, cuci, tiriskan dan jemur kering
Bahan Isi :
200 gram kacang hijau tanpa kulit, rendam 1 jam
150 gram gula pasir
1 lembar daun pandan
50 ml santan cair



Cara Membuat :
1. Isi : kukus kacang hijau sampai matang, haluskan selagi panas. Campur dengan gula dan daun pandan, jerang di atas api kecil sambil diaduk hingga adonan dapat dibentuk bulat, sisihkan.
2. Kulit : campur semua bahan sambil diaduk dan diberi santan hangat sedikit demi sedikit. Uleni sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Bagi rata sesuai jumlah isi, bulatkan dan pipihkan, beri adonan isi rapatkan, bentuk bulat kembali.
3. Gulingkan sambil tekan pelan tiap bulatan onde pada wijen, goreng dalam minyak banyak yang tidak terlalu panas sampai matang kecoklatan, angkat dan tiriskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang