Senin, 26 Agustus 2019

Makanan Khas Bojonegoro yang bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, Indonesia. Wilayah Bojonegoro berbatasan langsung dengan Kabupaten Tuban di bagian utara, sebelah timur dengan Kabupaten Lamongan, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ngawi, sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Pada bagian barat wilayah Bojonegoro yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini dikenal sebagai sumber deposit minyak bumi terbesar di Indonesia yang dikenal sebagai blok Cepu.
Budaya masyarakat Bojonegoro dikenal cukup unik dan masih dengan teguh menjaga warisan nenek moyang. Salah satunya masih dipegang teguhnya budaya masyarakat Samin, yaitu suatu komunitas masyarakat yang masih teguh menjunjung tinggi ajaran dari nenek moyang Samin Surosentiko berupa keserhanaan, keterbukaan, keikhlasan, dan menjaga keseimbangan alam. Letak suku Samin tidak jauh dari Kota Bojonegoro, tepatnya di Dukuh Jepang, Desa Margomulyo, Kecamatan Margomulyo sekitar 60 kilometer sebelah barat daya Kota Bojonegoro.
Selain adat budaya dan tradisinya yang masih dijunjung tinggi, wilayah yang mendapat julukan kota angling darmo ini juga mempunyai segudang tempat wisata Bojonegoro yang menunggu untuk dikunjungi. Nah, jika anda mempunyai waktu luang berkunjung ke Bojonegoro, tidak ada salahnya juga jika anda menikmati berbagai jajanan dan makanan khas Bojonegoro. Beberapa sajian kuliner khas Bojonegoro tersebut tentunya memiliki harga yang sangat murah serta pas dengan kantong kita semua. Langsung saja tanpa panjang lebar, berikut ulasan mengenai daftar makanan khas Bojonegoro yang harus anda coba.

1. Putu
Hasil gambar untuk gambar putu bojonegoro
Putu merupakan jenis cemilan yang kerap dijual pada sore atau malam hari. Meskipun putu juga bisa anda temukan di daerah lainnya, namun di Bojonegoro banyak sekali penjual putu yang berkeliling menjajakannya, maka dari itu putu menjadi makanan khas Bojonegoro. Putu memang lebih enak jika disajikan dan disantap saat dalam keadaan masih hangat. Putu dibuat dari tepung beras yang memiliki butiran kasar dengan dicampur gula jawa serta parutan kelapa. Parutan kelapa ini biasanya ditaburkan di atas kue putu yang sudah matang dan siap untuk disantap. Kue putu dikukus di sebuah cetakan yang terbuat dari bambu dimana bambu tersebut sudah dipotong kecil dan dilubangi. Pokoknya rasa dari kue putu ini tidak akan membuat anda menyesal, malahan bisa membuat anda ketagihan.
2. Keripik Tempe
Hasil gambar untuk gambar keripik tempe bojonegoro
Keripik tempe khas Bojonegoro juga bisa dijadikan oleh oleh setelah anda berkunjung ke Bojonegoro. Keripik ini bisa anda jadikan bukti bahwa anda pernah berkunjung ke kota kecil ini. Rasa keripik tempe Bojonegoro gurih dan teksturnya sangat renyah menimbulkan bunyi kriuk kriuk ketika digigit. Keripik tempe khas Bojonegoro ini tidak hanya digoreng sampai kering, namun juga ditambah dengan tepung sebagai lapisan, sehingga teksturnya lebih krispi dibanding keripik tempe dari daerah lainnya. Makanan renyah ini dapat dengan mudah anda temukan di tempat oleh oleh khas Bojonegoro dengan harga terjangkau dan bisa bertahan cukup lama bila disimpan dengan baik dan benar.
3. Ledre
Hasil gambar untuk gambar ledre bojonegoro
Sebut namanya ledre jika anda sedang berada di Bojonegoro, pasti hampir semua masyarakat lokal mengetahui sajian kuliner khas yang kerap dibawa pulang ke daerah asal para wisatawan sebagai buah tangan ini. Rasanya yang enak dan juga cita rasanya yang gurih membuat ledre senantiasa laris dipasaran. Selain gurih, ledre juga mempunyai rasa manis. Ledre terbuat dari bahan yang sangat sederhana, yaitu campuran tepung terigu, tepung beras dan juga gula. Sedangkan bahan utama untuk membuat ledre ini berasal dari pisang, khususnya pisang raja yang juga menjadi sumber aroma khas dari makanan bernama ledre ini. Pembuatan ledre cukup unik karena diolah kemudian digapit atau digolong atau dalam bahasa Bojonegoro istilahnya adalah diluntung layaknya keripik emping dengan aroma pisang yang khas. Sekilas tampilannya mirip dengan egg roll namun jika sudah dicicipi, pasti anda akan tahu perbedaannya. Ledre cukup mudah ditemukan di seluruh penjuru Kota Bojonegoro.
4. Serabi
Gambar terkait
Kuliner Bojonegoro selanjutnya selain ledre makanan khas Bojonegoro adalah serabi Bojonegoro. Kue yang banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia ini mempunyai rasa dominan manis dan gurih. Bagi sebagian orang mungkin menyangka bahwa serabi hanya berasal dari Bandung atau Solo saja, namun jangan salah bahwa serabi Bojonegoro rasanya tidak kalah nendang. Makanan yang dibuat dengan cara tradisional ini sampai sekarang sudah dimodifikasi menjadi sajian makanan yang modern. Berbahan daasr beras dan campuran bahan bahan lainnya yang mudah didapat, membuat serabi Bojonegoro mudah untuk ditemui di sekitaran Bojonegoro. Serabi di wilayah Bojonegoro biasanya dijual pada pagi hari karena dijadikan menu pengganti nasi saat sarapan tiba.
5. Ender - Ender
Hasil gambar untuk gambar ender ender bojonegoro
Ender ender masuk dalam daftar aneka makanan khas Bojonegoro yang difavoritkan oleh banyak orang baik warga lokal maupun wisatawan. Bentuk dari ender ender adalah lebar dengan cita rasa manis yang mengena di lidah. Makanan masa kecil tempo dulu ini masih tetap eksis sampai sekarang dan tidak tertimbun perkembangan jaman. Ender ender sekarang sudah diolah sedemikian rupa serta dikemas dalam kemasan yang lebih modern sehingga bisa bersaing dengan makanan kekinian lainnya. Ender ender berbahan baku ubi jalar pilihan cocok anda jadikan oleh oleh khas Bojonegoro yang lain daripada makanan lainnya. Varian rasa ender ender Bojonegoro pun ada 2 macam, yaitu rasa manis dan rasa gurih. Biasanya ender ender manis dikemas dalam kardus berwarna ungu dengan berat 250 gram per kardusnya. Rasa manisnya ini murni alami, tanpa ditambah dengan pemanis buatan apalagi bahan pengawet. Sedangkan ender ender gurih dikemas dalam kardus yang berwarna hijau dengan berat yang sama. Pokoknya ender ender menjadi oleh oleh yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung ke Bojonegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang