Senin, 05 Agustus 2019

Macam - Macam Masakan Khas Jawa Timur


Kekayaan kuliner Nusantara memang tak terkira banyaknya. Setiap daerah tentu mempunyai makanan khasnya masing-masing. Tak terkecuali Jawa Timur, Provinsi yang satu ini mendapatkan perhatian khusus bagi para pencinta kuliner di seluruh indonesia. Provinsi yang berada di Pulau Jawa ini mempunyai makanan khas dengan rasa yang sangat lezat. Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja makanan khas di provinsi paling timur pulau Jawa ini, berikut saya bahas secara singkat Masakan Khas Jawa Timur dan juga Keterangannya.


1. Rawon

Rawon
 Rawon atau nasi rawon adalah makanan khas surabaya - jawa timur (karena selalu disajikan dengan nasi) adalah menu berupa sup daging dengan bumbu khas karena mengandung kluwek.

2. Tahu Lontong


 Tahu lontong atau nasi tahu. Yaitu makanan pokok atau makanan utama yang terbuat dari tahu yang digoreng tidak terlalu kering. Untuk menghidangkannya tahu di letakan di atas lontong yang nantinya di sebut Tahu Lontong atau nasi yang akhirnya di esbut nasi tahu di taburi tauge pendek dan disiram saus kecap.

3. Soto Lamongan


Soto Lamongan adalah Soto Koya-satunya yang menggunakan atau semacam bubuk bawang putih. Lauk untuk makanan ini adalah ayam, yang telah uap dengan rempah-rempah.

4. Rujak Cingur


Rujak cingur adalah salah satu makanan khas yang paling terkenal dan mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang.

5. Soto Madura


Soto Madura adalah jenis soto yang berasal dari daerah Madura, Jawa Timur berbahan dasar daging sapi, telur rebus, kentang goreng dan tauge, dengan bumbu ketumbar, bawang merah dan bawang putih, jahe, kunir, laos, Kemiri, jeruk purut, dan garam secukupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang