Selasa, 20 Agustus 2019

Aneka Kuliner Khas Jombang

Makanan Khas Jombang – Jombang merupakan kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya terkenal sebagai kota santri, Jombang juga memiliki banyak makanan yang unik dan berbeda baik dari komposisi atau resep masakannya.
Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Jombang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner  khas dari Jombang. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Jombang dari saya yang patut untuk anda coba.

1. Pecel Rengkek
Hasil gambar untuk gambar pecel rengkek jombang
Nama rengkek ini sebenarnya berasal dari nama tempat yang digunakan untuk menjual pecel yang biasanya terbuat dari kayu dan tripleks, yang orang-orang terkadang juga menyebut box ini dengan ronjot, ditaruh di atas sepeda atau sepeda motor. Untuk para penjualnya kebanyakan adalah para ibu-ibu paruh baya yang membawa semacam boks yang bernama rengkek ini. Bagian unik dari makanan ini ada pada penyajiannya yang menggunakan daun pisang yang dibentuk pincuk.
2. Nasi Kikil
Hasil gambar untuk gambar nasi kikil jombang
Anda tentu saja sudah tahu apa kikil itu sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, kikil adalah makanan yang berasal dari kulit pada bagian kaki kerbau atau pun sapi.
Untuk mendapatkan rasa yang enak dan khas dari kikil itu sendiri memang membutuhkan waktu memasak yang sangat lama. Kikil ini sendiri dimasak dengan banyak bumbu dan santan serta banyak bahan pendukung lainnya.
Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan orek tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masih muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Untuk penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk menjadi pincuk.
3. Sop Buntut Bakar
Hasil gambar untuk gambar Sop buntut bakar jombang
Nama yang unik membuat siapapun yang datang ke Jombang ingin menikmatinya. Jenis sop ini bisa menjadi pilihan menu makan siang Anda selama berada di Jombang.
Salah satu tempat yang menjual sop buntut bakar ini adalah sop buntut bakar Bu Henny. Rasanya cukup berbeda dari sop buntut lain, cita rasa khas dari bumbu rahasia yang digunakan sop buntut Bu Henny ini bisa Anda coba.
Sehingga segera coba dan nikmati karena rasanya sangat lezat. Akan lebih nikmat apabila ditemani dengan nasi hangat. Jika anda tertarik langsung saja datang ke Jl. Jendral Gatot Subroto no.45-46, Jombang.
4. Sate Ringin Contong
Sate Ringin Contong
Makanan ini merupakan makanan khas jombang yang dibuat dari bahan dasar daging kambing yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu khasnya.
Untuk menambah kelezatan anda bisa menikmati sate ini bersamaan dengan sop kambing panas dan nasi hangat yang sdudah jadi pasangan maut.
Sebagian jenis makanan diatas ini disajikan di pinggir jalan. Jadi untuk lebih berhati-hati dan bijaksana dalam memilih jenis makanan yang disajikan di pinggir jalan agar tidak mengganggu kesehatan anda nantinya.
5. Sego Sadhukan
Hasil gambar untuk gambar  Sego Sadhukan jombang
Mungkin Anda baru saja mendengar jenis sego atau nasi bungkus ini. Sego sadukan adalah sejenis nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang.
Untuk bagian lauk biasanya ada mie goreng dan lauk pauk lainya berupa tempe, tahu yang diiris dalam bentuk kecil-kecil, ceker, dan sate usus.
Terkadang diberikan ikan teri di dalamnya. Apabila di Jogja hampir mirip dengan nasi kucing yang dijual di angkringan.
6. Ayam Panggung Urap
Hasil gambar untuk gambar Ayam Panggang Urap jombang
Ayam panggang urap merupakan menu makanan Jawa Timur yang cukup popular dan juga lezat yang berasal dari kota jombang.
Biasanya ayam yang di gunakan adalah jenis ayam kampung, sehingga rasanya lebih nendang dan juga lebih gurih. Ayam panggang urap dibuat dengan mengolesi bumbu khas secara bertahap sehingga bumbu dapat menyerap dengan merata.
Disajikan dengan nasi hangat dan tentu saja dengan tambahan hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa yang biasa disebut urap untuk menambahkan kenikmatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Nasi Kikil Jombang